Friday 6 January 2012

MINUM TEH HIJAU BERBAHAYA...???

Headline

Mengamal minum teh hijau dalam jumlah yang sewajarnya memang baik untuk kesihatan. Namun jika diambil secara berlebihan dapat merosak hati. Sebuah studi membenarkan.


Beberapa peneliti telah menyampaikan keprihatinan atas kesan sampingan yang mungkin timbul akibat mengambil terlalu banyak teh hijau. Sebelumnya, telah muncul laporan adanya kes kerusakan hati dan teh hijau juga dapat mengurangi keberkesanan beberapa ubat.




 

Namun sebaliknya, jika teh hijau diambil sewajarnya dapat memberi kesan positif terhadap kesehatan antara lain untuk memangkas jumlah kolestrol dan gangguan jantung.



 

Peneliti dari Universiti California, Nathan Wong menjelaskan, teh hijau memang berkhasiat memangkas jumlah kolestrol 'buruk' di dalam tubuh tanpa menganggu kolesterol 'baik'.

Inilah yang menjadi antara alasan mengapa banyak orang menggemari minuman tersebut.

Selain itu, minum teh hijau dalam jumlah sedikit akan berguna menyehatkan jantung, terlebih dengan kesannya terhadap kolesterol. Teh hijau juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis barah serta risiko kematian akibat pneumonia.

"Analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa minuman atau ekstrak teh hijau memang menghasilkan pengurangan signifikan dalam serum total kolesterol dan kolesterol LDL, tapi tidak berpengaruh pada kolesterol HDL," tulis Xin-Xin Zheng dari Peking Union Medical College di Beijing dalam American Journal of Clinical Nutrition.
 



SUMBER < DI SINI >

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...