Monday 6 October 2014

MIAO ROOM ADALAH GUA TERBESAR DI DUNIA


National Geographic News melaporkan Gua yang diberi nama Miao Room, memiliki volume 10,78 juta meter kubik dan baru-baru ini dinyatakan sebagai gua terbesar di dunia.
Pemetaan menggunakan laser (laser-mapping) digunakan oleh sebuah ekspedisi untuk mengetahui seberapa besar  ukuran ruang gua tersebut, dan ternyata melebihi pemegang rekor sebelumnya, ruang gua Sarawak Chamber di Malaysia sebesar 10 persen.
Gua super besar tersebut terletak di taman nasional Ziyun Getu He Chuandong, dekat Guiyang, Cina. Beberapa gua terbesar di dunia ditemukan di sini di propinsi Guangxi dan Guizhou.



Gua ini pertama kali didokumentasikan oleh tim geologi Eropa-Cina pada tahun 1989. Tapi tahun lalu para ahli dari Universitas Lancaster Inggris mengungkapkan ukuran sebenarnya.

Gua ini dapat berisi pesawat Boeing 747 yang melayang - jika bisa masuk kesana - dan terletak sekitar 100 meter di bawah tanah.

Dan juga mengandung stalagmit setinggi 45 meter, yang adalah salah satu stalagmit yang terbesar di dunia.

Gua ini memiliki dua ruang besar dihubungkan dengan lorong sepanjang 852 meter. Gua belum dieksplorasi sepenuhnya, namun, dengan teknik laser-mapping 3D yang digunakan, maka tampaklah seperti apa sebagian besar gua ini terlihat. Beberapa bagian dari gua yang masih belum diketahui, ditandai dengan daerah hitam di peta gua.  




- jurirakyat.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...